5 Alasan Memilih SSD Eksternal

101

YODHA.web.id – Kali ini saya akan memberikan beberapa Alasan buat kalian kenapa harus memilih SSD Eksternal. HDD (Hard Disk Drive) eksternal mungkin saat ini masih menjadi storage eksternal yang paling akrab dijumpai, khususnya bagi pengguna yang bermobilitas tinggi. Dengan begitu, pengguna bisa menyimpan dan membawa data-data pribadi mereka ke mana saja. Akan tetapi, apakah data-data yang tersimpan pada HDD eksternal sudah terjamin keamanannya? Mengingat bahwa HDD cukup rentan terhadap guncangan. Belum lagi cara penggunaan yang tidak  tepat bisa menjadi penyebab rusaknya HDD eksternal seperti melepas hard disk dengan cara yang salah atau mungkin juga asupan daya yang tidak stabil atau sering mengalami kejadian asupan daya terputus akibat mati listrik.

Jika melihat beberapa resiko di atas, hal yang paling memungkinkan untuk menggunakan storage eksternal yang tepat adalah SSD eksternal. Sepintas, SSD eksternal mungkin memiliki rentang harga yang cukup tinggi dibanding HDD eksternal. Namun selain faktor harga, ada beberapa faktor yang menjadi alasan kuat untuk memilih SSD eksternal dan bisa menjadi pertimbangan yang jauh lebih baik ketimbang memilih HDD eksternal? Melalui artikel ini kami akan coba untuk mengulas 5 poin alasan memilih SSD eksternal!

1. Tahan Banting

Para produsen HDD eksternal memang sudah menawarkan kemampuan tahan banting pada beberapa produknya yang saat ini sudah tersedia di pasaran. Meskipun memiliki kemampuan tahan banting pada body-nya, hal tersebut tidak memberi jaminan bahwa HDD eksternal tidak mudah rusak. Karena pada intinya, media penyimpanan tersebut tetap berbasiskan HDD yang menggunakan motor listrik yang tentunya sangat rentan apabila terjadi guncangan pada saat digunakan.

Berbeda dengan SSD eksternal yang sedari awal dirancangnya memang memiliki tahan terhadap guncangan, terlebih saat sedang digunakan. Beberapa produsen SSD juga saat ini sudah mulai berinovasi dalam menawarkan SSD eksternal yang menggunakan material cukup tangguh pada body-nya, seperti pada SSD eksternal milik Samsung yang tengah berada di lab kami ini.

2. Data Lebih Aman

Alasan yang kedua ini mungkin bisa dikatakan berkaitan dengan alasan yang pertama. Dengan memiliki tingkat durabilitas tinggi, SSD eksternal tentu sangat bisa diandalkan dalam menyimpan data-data berharga Anda. Karena SSD tidak memiliki sistem mekanik di dalamnya sehingga bila terjadi kecelakaan seperti tersenggol atau jatuh saat digunakan, SSD tetap solid dalam menyimpan data. Berbeda dengan HDD eksternal yang apabila tersenggol atau jatuh saat digunakan, resiko kejadian tersebut berdampak pada rusaknya sistem mekanik di dalamnya sehingga data-data pribadi Anda di dalamnya pun turut lenyap.

Faktor keamanan lainnya mungkin dengan tersedianya fitur enkripsi hardware AES 256-bit. Fitur keamanan ini sebenarnya juga sudah ditawarkan juga pada beberapa produk HDD eksternal. Fitur ini juga tersedia pada SSD eksternal dan sangat memungkinkan Anda untuk mengamankan perangkat penyimpanan eksternal Anda dari pengguna lainnya dengan memberikan password sebagai proteksinya. Dengan begitu, tidak sembarang orang bisa menggunakan perangkat penyimpanan eksternal Anda.

3. Desain Lebih Ringkas

Para produsen HDD eksternal saat ini memang kerap terus menawarkan produk mereka agar lebih mudah untuk dibawa kemana saja. Pastinya, bobot dari HDD eksternal tersebut juga harus ringan serta memiliki desain yang ringkas. Apalagi dengan perkembangan HDD 2.5” saat ini, mulai ditawarkan dengan kapasitas yang lebih besar.

Namun kehadiran SSD eksternal juga tak kalah menarik, khususnya dari segi desain yang jauh lebih ringkas di banding HDD eksternal. Dengan ukuran yang jauh lebih ringkas serta sangat kompak, perangkat penyimpanan ini jauh lebih fleksibel sehingga mudah untuk disimpan, bahkan pada kantong celana atau kemeja Anda sekalipun. Terlebih lagi, ukurannya yang jauh lebih ringkas dibanding HDD eksternal 2.5”, para produsen SSD eksternal juga turut menawarkan kapasitas yang cukup lapang hingga 2 TB.

4. Kencang, Bahkan Bisa Dipakai untuk Install Game

Perbedaan kecepatan transfer data SSD eksternal dengan HDD eksternal mungkin tak perlu diperdebatkan lagi. Namun tentunya, selain mampu menyuguhkan keceptan transfer data, SSD eksternal yang memanfaatkan interface USB 3.0 mampu memberikan kecepatan yang sama baiknya dengan SSD SATA III. Bahkan bisa dipakai untuk install game dan memainkan game tersebut.

5. Kompatibel dengan Smartphone

Melalui interface USB 3.0 Type A yang dimiliki oleh SSD eksternal, tampaknya bukan hal yang sulit dilakukan untuk menghubungkan SSD eksternal ke perangkat lain seperti smartphone atau tablet. Melalui bantuan konverter USB to microUSB, bisa menjadi alternatif juga sebagai media penyimpanan eksternal untuk perangkat handset.

Di era modern seperti sekarang ini, dengan melihat beragam canggihnya handset mulai dari smartphone maupun tablet, mampu mendukung pekerjaan seseorang yang memiliki aktivitas mobile tinggi. Saat melakukan meeting kecil-kecilan atau dadakan dengan perlengkapan seadanya, Anda bisa melakukan presentasi melalui tablet atau smartphone untuk mengakses file-file penting Anda yang tersimpan di dalam SSD eksternal dengan cepat. Atau bisa juga menyimpan beberapa video favorit untuk kebutuhan hiburan ketika dalam perjalanan.

Jadi, SSD Eksternal Pilihan Tepat untuk yang Bermobilitas Tinggi dan Aman

Melihat pentingnya akan sebuah perangkat penyimpanan yang harus memiliki kemampuan dalam mengamankan beragam data dalam jangka waktu lama, menjadi tantangan tersendiri bagi para produsen media penyimpanan. Sangat wajar apabila para produsen SSD saat ini mulai berinovasi dalam menawarkan media penyimpanan berupa SSD eksternal yang telah disesuaikan untuk memenuhi tantangan yang ada tersebut.

Menggunakan HDD eksternal dalam menyimpan data-data berharga memang bukan suatu hal yang sangat salah. Namun, bila pengguna yang memiliki aktivitas mobile yang tinggi dan menginginkan sebuah media penyimpanan lebih dari sekadang sebagai alat menyimpan, memilih SSD eksternal adalah pilihan yang tepat. Selain menawarkan performa yang jauh lebih tinggi, SSD eksternal juga menjadi pilihan terbaik dalam mengamankan data-data berharga Anda. Apalagi jika pengguna ingin mengakses data-data yang disimpan dengan cepat di mana saja dan kapan saja.

Sekian artikel mengenai 5 Alasan Memilih SSD Eksternalarga SSD Murah Berkualitas dari saya, semoga memberikan banyak manfaat. Sampai jumpa di artikel berikutnya. 🙂