7 (Bahasa) Pemrograman yang Dapat Dilakukan Langsung di Ubuntu

131

YODHA.web.id – Kali ini saya akan membahas 7 bahasa pemrograman yang dapat dilakukan langsung di Ubuntu tanpa menginstal apapun.

Eksperimen ini saya lakukan di Ubuntu 16.04 64bit Live CD. Saya sudah disediakan teks editor seperti Gedit, Vi, dan Nano untuk menulis kode.

Adapun 7 bahasa pemrograman yang dapat dilakukan langsung di Ubuntu adalah sebagai berikut.

1. Pemrograman Shell

Skrip Shell merupakan sebuah program yang bisa dijalankan di Unix Shell atau Command Line Interpreter (CLI). Shell itu sendiri adalah sebuah antarmuka untuk mengakses kernel dari sebuah sistem operasi.

Contoh program shell:

#!/bin/sh
echo "Hello World!"

Program ini akan menghasilkan output seperti ini:

2. Pemrograman C

Bahasa pemrograman C merupakan bahasa pemrograman yang diciptakan oleh Dennies Ritchie. Bahasa yang umurnya cukup tua ini, masih digunakan sampai saat ini. Bahkan, kernel Linux sendiri ditulis dengan bahasa pemrograman C.

Untuk melakukan pemrograman C di Linux, kita dapat memanfaatkan kompilator gcc (GNU C Compiler) atau (GNU Collection Compiler).

Perintah untuk kompilasi program C:

gcc kode_program.c -o nama_program

Perintah untuk menjalankan program:

./nama_program

Contoh kode program:

#include <stdio.h>

void main(){
    printf("Hello World\n");
}

Kompilasi dan Eksekusi:

3. Pemrograman C++

Bahasa pemrograman C++ merupakan bahasa pengembangan dari bahasa C. Bahasa C++ mendukung pemrograman berorientasikan objek (Object Oriented Programming), sedangkan bahasa C tidak.

Itulah perbedaan yang cukup terlihat dari bahasa C dengan C++. Kemudian untuk melakukan pemrograman C++ di Linux, kita dapat menggunakan kompilator g++. Kompilator g++ masih satu paket dengan kompilator gcc.

Perintah kompilasi program C++:

g++ kode_program.cpp -o nama_program

Cara eksekusi:

./nama_program

Contoh Program:

#include <iostream>

using namespace std;

int main(){
    cout << "Hello pak Yodha" << endl;
    return 0;
}

4. Pemrograman Python

Python merupakan bahasa pemrograman skrip (scripting) yang diciptakan oleh Guido Van Rossum. Python kadang digunakan untuk membangun aplikasi Linux baik berbasis CLI maupun GUI. Ubuntu sendiri sudah membawa Python dalam distribusinya. Jadi, kita tidak perlu menginstal Python untuk melakukan pemrograman Python.

Cara membuka interpreter Python, ketik python di terminal:

Cara mengeksekusi sebuah skrip python:

python nama_skrip.py

Contoh program:

print "Hello World!"

Hasil eksekusi:

5. Pemrograman Perl

Bahasa pemrograman Perl dikembangkan pertama kali oleh Larry Wall pada tahun 1987 sebagai bahasa skrip (scripting) untuk Unix. Tujuannya untuk memudahkan proses dalam pembuatan laporan.

Sampai saat ini Perl sudah banyak mengalami preubahan dan revisi. Ubuntu juga membawa Perl pada distribusinya. Jadi, kita bisa langsung menggunakannya seperti Python.

Cara eksekusi skrip perl:

perl nama_skrip.pl

Contoh Program:

#!/usr/bin/perl

print "Hello World!\n";

Hasil eksekusi:

6. Pemrograman Javascript

Javascript merupakan bahasa yang tengah populer pada tahun ini. Sekarang javascript tidak hanya digunakan di browser, javascript juga digunakan di server, mobile, jaringan, dan desktop.

Ubuntu sendiri membawa Mozilla Firefox pada distribusinya, dengan demikian kita bisa melakukan pemrograman Javascript melalui Mozilla Firefox.

Contoh Program:

<!DOCTYPE html>
<html>
<head>
    <title>Hello World JS</title>
    <script type="text/javascript">
        console.log("hello world! dari Console");
        document.write("Hello World!");
    </script>
</head>

<body>
</body>
</html>

Hasil di browser:

7. Pemrograman AWK

AWK merpuakan bahasa pemrograman yang didesain untuk memproses teks dan biasanya digunakan untuk ekstraksi data dan pembuatan laporan. AWK menjadi fitur stadar sistem operasi Unix-like. Oleh karena itu, Ubuntu juga menyediakan AWK pada distribusinya.

Cara eksekusi program AWK

awk -f nama_skrip

Contoh program:

#!/bin/awk -f

BEGIN {
    print "Hello World!"
}

Hasil eksekusi:

Itulah tujuh bahasa pemrograman yang dapat dilakukan langsung di Ubuntu. Mungkin masih ada lagi yang belum dicantumkan. Sekian artikel mengenai 7 (Bahasa) Pemrograman yang Dapat Dilakukan Langsung di Ubuntu dari saya, semoga memberikan banyak manfaat. Sampai jumpa di artikel berikutnya. 🙂

Referensi: