Cara Melihat Spesifikasi Laptop atau PC, baik RAM, CPU, dan GPU

128

Yodha.web.id – Kali ini kita akan melitah bagaimana Cara Melihat Spesifikasi Laptop. Tentu saja sebagai pemilik komputer tentu harus mengetahui spesifikasi lengkap dari komputer yang kita miliki. Kedepannya mengetahui spesifikasi dari komputer kita akan sangat bermanfaat. Mungkin anda pernah ingin menginstallgame yang memiliki minimum requirement tentu jika anda tahu spesifikasi PC sendiri sudah bisa mengira-ngira.

Kemudian bisa juga ketika anda mengalami error hardware atau ingin mengganti sparepart tentu harus mengetahui spesifikasi lengkap dari hardware tersebut. Atau bisa juga ketika anda ingin menginstall driver anda juga harus mengetahui spesifikasi lengkap dari PC anda.

Untuk mengetahui spesifikasi PC anda bisa langsung menggunakan fitur dari sistem bawaan windows 10. Atau bisa juga menggunakan software khusus untuk mengetahui spesifikasi PC di windows 10 secara mendetail. Untuk lengkapnya simak berikut ini:

Pertama anda bisa masuk ke Settings > System dan klik About. Disana anda akan melihat spesifikasi singkat dari PC windows 10 anda.

Untuk cek spesifikasi perangkat lebih detail lagi anda bisa gunakan cara berikut ini. Tekan tombol Windows+R kemudian ketik dxdiag dan enter.

Disana anda bisa melihat lebih detail tentang perangkat keras yang digunakan PC anda dari VGA – Sound – Dan keyboard mouse anda.

Kemudian cara selanjutnya anda bisa juga gunakan Device Manager. Cara nya klik Kanan Start > Device Manager.

Nah khusus cara berikut ini adalah menggunakan sebuah software yang harus anda download dahulu. Nama software tesebut adalah Speccy. Speccy akan memberikan data lengkap tentang spesifikasi dari PC anda hanya dengan sekali klik. Berikut ini screenshootnya: