Cara mengatasi Black Screen pada Windows 8 dan Windows 10

25

Yodha.web.id – Kali ini kita akan membahas Cara mengatasi Black Screen pada Windows 8 dan Windows 10. Black screen merupakan keadaan dimana desktop tidak dapat di tampilkan dan ini akan membuat beberapa orang panik dan langsung menekan  tombol power dan membawa laptopnya kepada tukang service. Padahal sebenarnya ada banyak cara untuk memperbaiki sendiri.

Berbagai macam cara sudah saya lakukan mulai dari membersihkan virus tersebut dengan Windows Defender sampai mendownload beberapa update terbaru dari windows supaya kembali normal. Namun ternyata beberapa cara tersebut semuanya gagal. hingga akhirnya saya mencoba cara untuk melakukan recovery pada sistem operasinya. Ternyata cara tersebut berhasil, tapi melakukan recovery hanya bisa dilakukan jika notebook windows tersebut sudah mengaktifkan sistem proteksi.

Untuk dapat melakukan recovery pada sistem operasi black screen caranya mudah. langkah pertama, karna layar hitam dan hanya kursor saja maka yang kamu lakukan adalah membuka Task Manager, untuk membuka Taks Manager tekan tombol ctrl+alt+del lalu pilih Taks Manager. Setelah muncul, klik File  pilih Run New Task. setelah muncul ketik control panel,  klik ok.

Setelah kamu sampai di Control Panel, klik System and Security pilih Security and Maintenance. Saat sampai disini saatnya kamu memilih Recovery.

Setelah kamu mengklik recovery maka akan muncul Advanced recovery tools, pilih Open System Restore.

Jika sudah, maka ikuti langkah-langkahnya. tetap ijika muncul seperti gambar di bawah ini, berarti selama ini notebook tersebut tidak pernah melakukan backup.

Semoga kamu bisa mengatasi black screen dengan melakukan recovery. jika tidak maka jalan terakhir adalah instal ulang sistem operasinya. Selamat mencoba. 🙂