Di Mana Black Box Pesawat Sukhoi Superjet 100?

Di Mana Black Box Pesawat Sukhoi Superjet 100? – Pada kesempatan kali ini Yodha akan bagikan info Di Mana Black Box atau Kotak Hitam Pesawat Sukhoi Superjet 100?. Enam hari sudah proses evakuasi korban Sukhoi Superjet 100 dilakukan oleh tim SAR gabungan. Satu per satu tim menemukan jasad korban di jurang Gunung Salak, Bogor Jawa Barat.

Black Box Sukhoi Di Mana Black Box Pesawat Sukhoi Superjet 100?

Black Box Sukhoi

Di Mana Black Box Pesawat Sukhoi Superjet 100?

Tetapi tim masih mempunyai pekerjaan rumah. Selain belum menemukan semua jasad korban, tim juga belum menemukan kotak hitam atau biasa disebut dengan black box.

Kotak itu sangat penting. Penyebab jatuhnya pesawat buatan Rusia itu baru bisa terungkap dari kotak hitam tersebut.

“Meski kondisi pesawat hancur, black box tetap bisa dibaca karena yang dibutuhkan adalah memorinya,” kata Pemerhati Penerbangan, Samudra Sukardi.

Dalam memori kotak hitam itu telah merekam semua aktivitas selama penerbangan. “Mulai dari suhu mesin, temperatur, kecepatan pesawat, percakapan pilot, dan banyak lagi,” ujar Sukardi.

Jika komponen kotak hitam hancur tidak masalah. Sebab yang dibutuhkan adalah memorinya. Nah, memori di dalam kotak hitam itu dilindungi bahan metal yang tahan panas dan gempuran sekeras apapun.

“Semua akan bisa terungkap dari memori itu, jika tidak ditemukan akan susah menganalisa penyebab jatuhnya pesawat,” jelas dia.

Biasanya, untuk pesawat berbadan besar kotak hitam itu diletakkan dibelakang seperti ekor pesawat. Sedangkan untuk pesawat kecil biasanya diletakkan di bawah kokpit.

Tidak mudah

Mencari kotak hitam di jurang Gunung Salak bukan perkara mudah. Tim SAR memperkirakan kedalaman jurang itu sekitar 800 meter dari atas lereng Gunung Salak.

“Sekarang tim harus fokus mencari di lembah gunung itu. Saya memperkirakan tidak jauh dari bangkai pesawat. Apalagi ekor pesawat sudah ditemukan,” ujar Sukardi.

Selama proses pencarian, tim SAR memang mengalami kendala medan yang berat. Tetapi hal itu tidak menyurutkan tim SAR.

“Selama kami telaten, terus menerus mencari. Insya Allah Tuhan memberikan jalan,” kata Kepala Basarnas Marsekal Madya Daryatmo

Menurut Daryatmo, proses pencarian kotak hitam tidak mudah. Apalagi ekor pesawat berada di lembah Gunung Salak.

“Kira-kira 800 meter kedalamannya. Ekor pesawat kami tingal mengambil. Tapi ekor pesawat tidak utuh, sehingga mengambil barang satu per satu di semak-semak,” jelas dia.

KNKT teliti kotak hitam

Jika sudah ditemukan, Komite Nasional Keselamatan Transportasi atau KNKT langsung memproses kotak hitam. Penyelidikan kotak itu juga akan dilakukan di Indonesia.

“Jika black box ditemukan akan dibawa ke lab KNKT. Apabila secara fisik CVR (cockpit voice recorder) rusak dan tidak mungkin langsung dibaca, kami akan memindahkan data yang ada di dalam CVR baru,” kata Kasubkom Penelitian Kecelakaan Transportasi Udara KNKT, Masruri.

“Kami sudah mendapatkan persetujuan dari Rusia bahwa Rusia siap memberikan CVR baru baik komponen atau mesin data,” imbuhnya.

Apabila kotak hitamnya tidak rusak, maka KNKT akan mudah mengunduh data yang ada di kotak tersebut. “Black box ada dua, FDR (Flight Data Record) sama CVR,” terang Masruri.

Sekian Info Di Mana Black Box Pesawat Sukhoi Superjet 100?. Selalu kunjungi Yodha.web.id Karena Semuanya Ada DiSini. Akan ada update info terbaru setiap harinya.