Kamus Teknologi Informatika Abjad H

50

Yodha.web.id – Informasi Istilah Kamus Teknologi Informatika berawalan Abjad H.

Halftone Image
Suatu citra yang direproduksi melalui sebuah layar khusus dengan tampilan titik yang terdiri atas berbagai ukuran untuk mensimulasikan berbagai warna abu-abu dalam foto. Teknologi Halftone merupakan teknologi yang dipakai untuk mereproduksi citra dalam koran/tabloid/majalah.

Handshakking
Suatu cara pengontrolan aliran data antara dua perangkat lunak menggunakan sinyal RS232, dan handshaking perangkat keras pada umumnya menggunakan karakter control Xon dan Xoff.

Hidden file
File tersembunyi di dalam hard disk, biasanya merupakan file system.

Hit
Jumlah kunjungan oleh para netter yang terdapat pada sebuah halaman website.

High Color
Suatu tampilan sistem yang memakai data warna 16 bit untuk tiap pixelnya. Pada warna 16 bit, tiap pixel memiliki 16 bits, dan bisa merepresentasikan 65 ribu (65.536) jenis warna. Warna 16 bit sering disebut sebagai warna tinggi atau ribuan warna.

HLLAPI (High Level Languge Application Program Interface)
Program interface IBM yang memungkinkan sebuah aplikasi PC untuk berkomunikasi dengan sebuah aplikasi mainframe.

Homepage
Halaman pertama dari suatu Web Site.

Host
Istilah yang digunakan untuk menunjuk sebuah komputer yang memungkinkan penggunanya terhubung ke Internet.

Host Name
Nama dari komputer dalam Internet, digunakan untuk menunjukkan skema penamaan URL.

Hosting Service Provider
Biasa disebut dengan Web-Hosting, adalah perusahaan yang menyediakan layanan dan penyimpanan Web bagi perorangan atau perusahaan. Ada tiga tipe utama dalam layanan hosting yaitu shared, dedicated dan colocation.

Hooked vector
Sebuah interrupt jebakan dalam sebuah PC. The pointer for a particular interrupt in the interrupt vector table has been modified to jump to a new routine to service that interrupt.

HSF (Heat Sink Fan)
Sebuah komponen CPU yang dipakai untuk menyerap panas. Biasanya terbuat dari aluminium. Pemakaian fan sebagai penyerap suhu ini akan meningkatkan performa kerja komputer.

HTML (Hyper Text Markup Language)
Format dokumen yang digunakan dalam World Wide Web (WWW). HTML merujuk pada tampilan halaman, jenis, huruf, elemen grafis, juga link hypertext ke dokumen lain di Internet.

HTML 3.2
Standar format HTML yang dikembangkan oleh W3C (World Wide Web Consortium)

HTTP (Hyper Text Transfer Protocol)
Sebuah metode atau protokol untuk mendowload file ke komputer. Protokol ini berbasis hyper text, sebuah format teks yang umum digunakan di Internet.

Hub ring
Sebuah ring datar yang terdapat pada lubang floopy disk ukuran 5.25” dan berfungsi untuk meningkatkan kekuatan floopy disk.

Hue
Istilah yang menyatakan rangkaian warna spektrum. Hue adalah komponen yang menentukan warna apa yang digunakan. Dalam gradien, bila digunakan model warna yang menggunakan hue sebagai salah satu komponen maka akan dapat dibuat efek pelangi.

Hybrid Computer
Sebuah komputer digital yang menerima sinyal analog, mengubahnya menjadi data digital dan memprosesnya.

HydraVision
Teknologi ATI untuk dapat menampilkan dua display dari satu kartu grafis. Fitur ini memungkinkan dua display dapat dimunculkan dengan resolusi dan refresh rate yang berbeda.

Hyperlink
Link atau sambungan ke sumber lain (bisa file atau halaman yang berbeda). Biasanya digunakan dalam membangun sebuah Web.

Hypertext
Dokumen online yang terdiri atas tulisan dan gambar dan berhubungan dengan dokumen lainnya. Biasanya untuk melihat hubungan dengan dokumen lain, kita harus menekan tombol mouse pada tampilan layar.

HyperZ II
Untuk dapat mengoptimalkan bandwith memori, Ati meningkatkan teknik “hidden surface removal” yang dibuat dalam teknologi bernama HyperZ. HyperZ II merupakan peningkatan dari HyperZ. Perbedaannya pada HyperZ II algoritma yang digunakan pada HyperZ sudah diperbaiki.

Incoming search terms:

  • kamus web