Kamus Teknologi Informatika Abjad I

110

Yodha.web.id – Informasi Istilah Kamus Teknologi Informatika berawalan Abjad I.

Internet Control Message Protocol (ICMP)
Protokol yang digunakan untuk mengatur perilaku IP. ICMP berperan membantu menstabilkan kondisi jaringan.

Icon
Sebuah lambang kecil berupa gambar yang tampak pada layar komputer. Biasanya dipakai untuk melambangkan dokumen atau program lain dan disk drive.

ICQ
Dari kata “I Seek You”. Aplikasi untuk chatting dengan pertukaran file dan pengiriman SMS.

IDE (Integrated Drive Electronics)
Sebuah tipe hardware interface yang berfungsi untuk menghubungkan hard disk, CD-ROM dan drive tape pada sebuah PC. IDE sangat populer dan banyak digunakan karena menyediakan cara yang terhitung ekonomis untuk menghubungkan komponen-komponen hardware.

IDE controller
Alat yang dipakai untuk mengatur harddisk, cd-rom, dsb.

Idle time
Durasi waktu di saat sebuah peranti dalam kondisi statis. Dengan kata lain piranti itu hidup atau aktif , tetapi tidak dapat dipakai untuk bekerja.

IGP (Interior Gateway Protokol)
Sebuah protokol yang dipakai oleh gateway dalam sebuah autonomous sistem untuk memindahkan rute informasi.

ILD (Inter Layer Dielectric)
Isolasi/penyekat yang terpasang di antara layer alumunium atau kawat tembaga yang menghubungkan transistor-transistor pada sebuah chip. Dielektrik polymer yang ditemukan di awal abad 21 sangat mempengaruhi desain sebuah chip.

Illegal Operation
Sebuah operasi yang tidak sesuai aturan atau tidak dapat dimengerti oleh komputer. Pada Windows 95/98, jika muncul error message seperti ini, merupakan indikasi bahwa program-program yang dijalankan mengalami crash.

Image (Citra)
Suatu representasi keadaan visual. Kamera konvensional mereplikasikan suatu keadaan dengan merekam molekul-molekul pada sepotong film menggunakan kimiawi perak halide. Citra digital disimpan secara elektronik dengan bit data yang merepresentasikan warna.

IMAP (Internet Message Access Protocol)
Protokol standar untuk mengakses atau mengambil e-mail dari server. IMAP memungkinkan pengguna memilih pesan e-mail yang akan diambil, membuat folder di server, mencari pesan e-mail tertentu, bahkan menghapus pesan e-mail yang ada. Kemampuan ini jauh lebih baik daripada POP (Post Office Protocol) yang hanya memperbolehkan kita mengambil/download semua pesan yang ada tanpa kecuali.

Inf
Salah satu jenis ekstensi file yang mensuplai informasi untuk menginstall hardware baru pada lingkungan Windows.

Internet Address
Disebut juga alamat Internet, merupakan sebuah alamat 32-bit yang digunakan untuk mengenali host dan networks di Internet.

Interrupt
Sebuah setting hardware yang menjalankan perintah-perintah dalam sistem komputer.

Intrusion Detection System
Sama seperti firewall, Intrusion Detection System (IDS) ini merupakan penghambat semua niat jahat yang akan mengganggu sebuah jaringan. Bedanya IDS ini lebih maju selangkah dengan kemampuannya memberi peringatan admin server saat terjadi sebuah aktivitas tertentu yang tidak diinginkan admin sebagai penanggung jawab. Selain memberi peringatan dini, IDS juga memberi beberapa alat bantu untuk melacak jenis dan sumber aktivitas terlarang tersebut.

Interface
Tampilan dari sebuah program.

Interlaced GIF
Tipe GIF spesial yang memungkinkan tampilan gambar tersebut dimunculkan sedikit demi sedikit ketika sebuah halaman web sedang didownload.

Internet
Istilah umum yang dipakai untuk menunjuk Network tingkat dunia yang terdiri dari komputer dan layanan servis atau sekitar 30 sampai 50 juta pemakai komputer dan puluhan sistem informasi termasuk e-mail, Gopher, FTP dan World Wide Web.

Internet Device
Alat canggih seperti komputer yang dipergunakan untuk dapat berkomunikasi atau berinteraksi melalui Internet, baik untuk surfing, mengirim dan menerima e-mail, bahkan untuk ber-chatting, baik menggunakan teks, suara, gambar maupun video, misal : notebook, palmtop, handphone, Internet-TV.

Internet Explorer
Suatu browser Web gratis terkenal yang diproduksi oleh Microsoft.

Internet-TV
Sebuah TV yang dimodifikasi untuk dapat digunakan sebagai media/alat untuk berkomunikasi dan berinteraksi melalui Internet.

Internet Sharing PC
Sebuah komputer yang menyimpan banyak sumber daya seperti file, data dan koneksi Internet yang bisa diakses oleh komputer lain yang terhubung ke jaringan.

Internet Sharing Software
Software Pcnet-Home yang memungkinkan pembagian akses ke Internet dengan menggunakan satu account ISP dan satu buah modem, serta koneksi DSL, ISDN ataupun kabel modem. Internet sharing software ini bisa digunakan untuk membuat Internet sharing PC.

Intranet
Sumber daya informasi yang digunakan untuk kepentingan internal dari suatu instansi atau perusahaan dengan menggunakan jaringan komputer yang ada.

Interrupt
Sebuah setting hardware yang menjalankan perintah-perintah dalam system komputer.

IP address
Alamat numeric unik dari sebuah komputer di Internet. IP address komputer Anda sama dengan nomor telepon Anda sendiri dalam fungsinya.

IRC (Internet Relay Chat)
Sebuah layanan Internet yang dapat berkomunikasi antara orang yang satu dengan yang lainnya.

IrDA Port
Transmiter atau receiver untuk sinyal-sinyal infra red.

ISDN (Integrated Services Digital Network)
Metoda standar transmisi data digital melalui jaringan telepon dengan kecepatan tinggi, lebih cepat dari sebuah modem biasa.

ISO9660
Bila ingin memiliki CD-ROM sebaiknya memanfaatkan dukungan ini karena banyak sekali CD-ROM yang ada di pasaran menggunakan format ISO9660 ini.

ISP (Internet Service Provider)
Perusahaan yang menawarkan dan menyediakan layanan akses Internet ke kalangan umum dengan mengenakan biaya. Contohnya : Telkomnet, Indosatnet, Centrin, Cbn, Wasantara, dll