Kamus Teknologi Informatika Abjad J

128

Yodha.web.id – Informasi Istilah Kamus Teknologi Informatika berawalan Abjad J.

Jaggies
Suatu efek bergerigi yang timbul akibat dari teknik digital yang digunakan untuk menampilkan sebuah gambar. Efek ini terutama terlihat pada garis diagonal.

Java
Bahasa pemrograman untuk menciptakan isi yang aktif dalam halaman Web, juga dapat dijalankan dalam semua komputer. Applet Java diambil/diakses dari halaman Web dan dijalankan secara total.

Java applet
Sebuah program Java yang didownload dari server dan dijalanan melalui program browser. Java Virtual Machine dibundle didalam browser dan memberikan instruksinya.

JavaScript
Bahasa script interpreter untuk menciptakan isi yang aktif dalam halaman Web.

JEDEC (Joint Electronic Device Engineering Council)
Badan internasional yang menentukan standar IC (Integrated Circuit).

JPEG (Joint Photographic Expert Group)
Format file yang memuat data berupa gambar. Gambar JPEG terkompresi secara lossy, sehingga kualitas gambar diturunkan untuk mendapatkan ukuran file yang kecil. Walaupun demikian perbedaan kualitas tersebut tidak akan dapat terlihat untuk gambar-gambar tertentu. JPEG biasanya digunakan untuk gambar-gambar yang tidak jelas batas warnanya, seperti foto, lukisan, dll.

Junk e-mail
E-mail yang tidak berguna dan ingin dibuang.

Juno
Sebutan bagi Juno Online Service (www.juno.com). Sebuah email service yang didukung oleh sebuah media iklan yang menyediakan alamat email. Juno berawal dari sebuah service berbasis non-web dan email hanya bisa diakses melalui koneksi dial-up ke komputer Juno.

Jumper
Bentuk yang sederhana dari switch on/of. Umumnya jumper ini berukuran amat kecil dan terbuat dari logam yang terbungkus plastic. Dimana biasanya digunakan untuk menentukan setting suatu fungsi seperti besaran frekuensi BIOS, dll.