Kamus Teknologi Informatika Abjad K

82

Yodha.web.id – Informasi Istilah Kamus Teknologi Informatika berawalan Abjad K.

Kaleida
Joint venture antara Apple dan IBM yang membangun software ScriptX multimedia.

Kerberos
Sistem keamanan berbasis enkripsi buatan MIT untuk menghalangi penyelewengan dalam pengawasan password dan login. Sistem ini menyediakan layanan untuk menentukan client yang diperbolehkan mengakses server tertentu, serta layanan pembuktian keaslian antara password dan login milik client dan server.

Kbit/s (Kilobits per Second)
Ukuran untuk transfer data atau kecepatan modem. Kebanyakan modem komputer men-download informasi pada kecepatan 56 Kbit/s. Digunakan untuk mengekspresikan kecepatan transfer data di dalam jaringan. Satu kilobit sama dengan 1000 bit.

KBps
Kilobytes per second.

KHz
Satuan unit frekuensi yang sama dengan 1000 siklus per detik.

Konektor Floopy dan IDE
Konektor ini menghubungkan motherboard dengan piranti simpan permanen seperti floopy disk atau harddisk. Konektor IDEdalam sebuah motherboard biasanya terdiri dari dua, satu adalah primary IDE dan yang lain adalahsecondary IDE. Konektor primary IDE menghubungkan motherboard dengan primary master drive dan piranti secondary master. Sementara konektor secondary IDE biasanya disambungkan piranti-piranti untuk akses slave seperti CDROM dan harddisk slave.

Konektor Power
Pin yang menyambungkan motherboard dengan power supply di casing sebuah komputer. Pada motherboard tipe AT, casing yang dibutuhkan adalah tipe AT juga. Konektor power tipe AT terdiri dari dua bagian, dimana dua kabel dari power supply akan menancap. Pada tipe ATX, kabel power supply menyatu dalam satu header yang utuh sehingga tinggal menancapkannya di motherboard. Kabel ini terdiri dari dua kolom sesuai dengan pin di motherboard yang terdiri atas dua larik pin juga. Ada beberapa motherboard yang menyediakan dua tipe konektor power, AT dan ATX. Kebanyakan motherboard terbaru sudah bertipe ATX.