Mengenal Apa itu Internet of Thing (IoT)

270

Yodha.web.id Internet of Things (IoT) telah menjadi topik yang hangat untuk dibicarakan akhir-akhir ini. IoT tidak hanya menjadi suatu konsep yang mempengaruhi hidup manusia tetapi bagaimana IoT bisa membantu memudahkan kehidupan manusia.

Namun sebenarnya, apa sih yang dimaksud IoT itu? dan apa saja dampaknya? Mari kita mulai dengan memahami beberapa hal.

Fakta menyatakan ketersediaan broadband Intenet semakin meningkat, biaya koneksi semakin murah, begitu juga harga alat pengembangan teknologi. Fakta ini menjadikan IoT sebagai sesuatu yang sempurna untuk digunakan.

Apa sih Internet of Things (IoT) itu?
Sederhananya, Internet of Things adalah konsep dasar yang menghubungkan perangkat apapun satu sama lain. Termasuk kulkas, TV, mesin cuci, lampu, smartphone, mobil dan masih banyak lagi. Selain peralatan sehari-hari, IoT juga bisa menghubungkan berbagai komponen mesin seperti mesin jet pesawat terbang, bor pertambangan minyak dan lain-lain.

Pada dasarnya, jika kita memiliki peralatan yang mempunyai saklar on dan off, peralatan tersebut mempunyai kesempatan yang besar untuk digunakan dalam ranah IoT.

Apa saja dampak Internet of Things (IoT) itu?
IoT akan mempunyai dampak yang menyebabkan aturan baru dimana aturan masa depan akan menjadi, ‘apapun yang dapat dihubungkan, akan terhubung’. Namun, pertanyaannya kenapa kita memerlukan banyak perangkat yang saling terhubung satu sama lain? Misal, jika anda sedang di jalan untuk meeting, dan mobil anda bisa mengakses rute terbaik yang diambil, namun lalu lintas berat menyebabkan mobil mengirimkan pesan teks ke rekan meeting bahwa anda akan terlambat?

Contoh lain, bagaimana jika anda telat bangun, dan jam alarm yang sudah diatur jam 6 berdering dan memberitahukan mesin pembuat kopi untuk menyeduh kopi anda?

Untuk skala yang lebih luas, IoT dapat diterapkan untuk jaringan transportasi untuk kepetingan Smart City yang dapat membantu kita mengurangi limbah dan meningkatkan penggunaan energi seefisien mungkin. Hal ini akan membantu kita dalam memahami dan meningkatkan kesejahteraan hidup.

Jadi bagaimana sekarang?
Topik IoT selama beberapa tahun menjadikan kita berusaha untuk memahami bagaimana IoT mempengaruhi kehidupan. Kita juga harus berusaha untuk memahami peluang dan tantangan apa saja yang bisa kita ambil dan selesaikan. Karena semakin banyak perangkat mulai bergabung dengan IoT. Untuk saat ini hal terbaik yang bisa kita lakukan adalah mendidik diri sendiri tentang apa yang dimaksud IoT dan mencari tahu dampak potensial yang dapat dilihat agar pekerjaan dan hidup kita semakin nyaman.

Sumber : Codepolitan