Mengenal Fitur Panggilan Suara Modern: VoLTE dan VoWiFi

40

Yodha.web.id – Kali ini saya akan membahas pengenalan Fitur Panggilan Suara Modern: VoLTE dan VoWiFi. Banyak sekali orang beranggapan bahwa 4G LTE itu hanya sekadar menawarkan Internet seluler dengan standar yang lebih baik, lebih kencang dari yang ada sebelumnya. Namun, tidak banyak yang tahu bahwa 4G LTE sebenarnya banyak mengusung teknologi pendukung yang tidak hanya berfokus pada Internet saja, tetapi juga hal lain. Salah satu yang bisa dikatakan sangat menarik adalah VoLTE, suatu teknologi komunikasi suara (voice) baru yang menawarkan beberapa hal yang lebih baik.

VoLTE (Voice over LTE) sebenarnya lahir dari “keterbatasan” 4G LTE, di mana 4G LTE sebenarnya tidak mendukung mode komunikasi suara dan teks (SMS). Jadi, ketika komunikasi suara atau teks harus dilakukan, perangkat yang berjalan di 4G LTE mau tidak mau harus “menurunkan” stanndar ke 2G atau 3G. Sebagai langkah untuk mengatasi hal ini, lahirlah VoLTE.

Pengganti Voice Tradisional

Melihat namanya, Voice over LTE, banyak yang menduga bahwa VoLTE ini adalah komunikasi suara yang menggunakan jalur data, mirip fitur “voice call” yang ada di beberapa aplikasi instant messaging, seperti WhatsApp, LINE, dll. Namun, hal itu ternyata salah! VoLTE justru lebih dekat dengan sistem komunikasi suara tradisional. Operator seluler yang sudah memiliki jaringan 4G LTE bisa menambah fitur VoLTE ini ke jaringan mereka untuk menggantikan sistem komunikasi suara tradisional.

Di Indonesia, VoLTE ini sudah didukung oleh salah satu operator seluler, yaitu Smartfren. VoLTE memang dibutuhkan oleh Smartfren karena “latar belakang” mereka yang berbeda dengan operator seluler lain, di mana mereka berangkat dari CDMA, dan CDMA ini akan segera “dikosongkan”, tidak bisa digunakan lagi untuk mendukung komunikasi dalam bentuk apapun. Oleh karena itu, untuk mempertahankan tawaran komunikasi suara di jaringan mereka, sembari menawarkan panggilan suara yang lebih baik, Smartfren beralih ke VoLTE.

Syarat Utama: 4G LTE

VoLTE sendiri hadir sebagai perluasan dari 4G LTE, dan tentunya akan hadir “menumpang” ke 4G LTE. Oleh karena itu, dukungan untuk jaringan 4G LTE pastinya mutlak dibutuhkan untuk VoLTE ini. Tidak berbeda dari 4G LTE, dukungan untuk VoLTE ini tentunya juga datang dari satu komponen penting di sebuah telepon seluler: modem!

Modem memang memegang peranan utama dalam menentukan apa saja kemampuan komunikasi dari suatu smartphone. Oleh karena itu, untuk membawa 4G dan VoLTE ke smartphone mereka, lini Andromax 4G, Smartfren menggunakan SoC yang sudah mendukung kedua hal tersebut, yaitu Snapdragon, dari Qualcomm. Modem Snapdragon X Series di SoC Qualcomm memang menawarkan dukungan untuk 4G LTE dan VoLTE di semua lini, bahkan dari kelas entry-level sekalipun, seperti Snapdragon 210 dan Snapdragon 410 yang digunakan Smartfren di smartphone mereka.

Lewat Jalur Khusus (IMS)

Walaupun merupakan perluasan dari 4G LTE, VoLTE tidak benar-benar menumpang ke jalur data 4G LTE, tetapi memanfaatkan jalur khusus yang disebut sebagai IP Multimedia Subsystem (IMS). Sesuai namanya, IMS mendukung sistem komunikasi multimedia tanpa melalui jalur data, termasuk untuk suara dan juga video. Menariknya, karena jalur berbeda dari jalur data, komunikasi melalui IMS tidak akan mengganggu komunikasi di jalur data, dan jalur data akan tetap bisa digunakan normal. Hanya saja, karena menggunakan jalur berbeda, agar IMS ini bisa digunakan di jaringan seluler, harus ada persyaratan tambahan yang harus dipenuhi, baik dari sisi operator maupun pengguna layanan.

Untuk sisi operator, tentunya IMS yang mendukung VoLTE harus ditambahkan ke jaringan, melengkapi sistem utama untuk 4G LTE. Sedangkan di pengguna layanan, kembali ke poin sebelumnya, smartphone yang digunakan haruslah memiliki kemampuan untuk memanfaatkan VoLTE, dari modem.

Lebih dari Sekadar Panggilan Suara

Sebagai sebuah pengganti panggilan suara tradisional, VoLTE ini tentu saja harus bisa menawarkan kelebihan bila dibandingkan pendahulunya. Beberapa kelebihan VoLTE dibandingkan panggilan suara tradisional adalah:

  • VoLTE juga menawarkan HD Voice. Fitur ini memungkinkan kualitas suara yang lebih baik karena jalur yang digunakan sebagai pendukung panggilan suara menawarkan kapasitas lebih besar. HD Voice ini di SoC Qualcomm, yang digunakan oleh jajaran smartphone Andromax, menjadi bagian dari set fitur Next Generation Calling.
  • Kelebihan lain yang diusung oleh VoLTE adalah kemampuan untuk menyertakan video di panggilan suara. Ya, VoLTE yang menggunakan IP Multimedia Subsystem dari 4G LTE bisa memanfaatkan penuh fitur multimedia sehingga pengguna bisa beralih dengan sangat mudah dari suara ke video dan sebaliknya tanpa menutup panggilan terlebih dahulu. Hal ini tentu sangat menarik untuk memenuhi kebutuhan komunikasi masa kini.
  • Salah satu kelebihan lain adalah telepon tersambung lebih cepat dibandingkan panggilan suara tradisional. Panggilan suara VoLTE bisa terhubung hanya dalam 2 detik saja, dibandingkan minimal 5 detik di sistem panggilan suara tradisional.

VoLTE Bukan Pakai Aplikasi

Satu hal yang salah terkait VoLTE, dan sayangnya banyak dipercaya, adalah VoLTE disebut sebagai fitur yang bisa didapatkan dengan download aplikasi. Namun, bukan! Itu bukan VoLTE, tetapi hanya aplikasi rancu yang mendompleng nama “VoLTE” saja, dan tidak akan menghadirkan fitur VoLTE ke smartphone!

Seperti halnya 4G LTE, VoLTE adalah fitur “native” dari suatu smartphone. Bila smartphone memang tidak mendukungnya, maka fitur tersebut tidak bisa dinikmati. Jadi, karena merupakan fitur “native”, VoLTE ini tidak butuh aplikasi tambahan lagi, yang dibutuhkan hanya aplikasi telepon (native dialer) asli bawaan dari smartphone. Di smartphone yang sudah mendukung VoLTE yang digunakan di jaringan yang mendukung VoLTE, untuk menggunakan VoLTE, pengguna hanya cukup menelpon seperti biasa.

Pulsa Telepon atau Paket Data?

Hal lain yang mungkin membingungkan terkait VoLTE ini adalah apakah VoLTE menggunakan paket data atau tidak. Bila melihat namanya, kebingungan ini memang punya dasar, karena akan banyak yang menduga VoLTE menggunakan jalur data, sehingga menghabiskan paket data. Namun, hal itu ternyata tidak benar.

Hal ini sebenarnya bisa ditebak dengan mudah dari penjelasan sebelumnya. Pertama, VoLTE memang “menumpang” ke 4G LTE, tetapi menggunakan jalur tertsendiri, IMS. Selain itu, ya, VoLTE adalah pengganti sistem panggilan suara tradisional. Jadi, VoLTE tidak akan menghabiskan paket data, tetapi membutuhkan pulsa untuk telepon atau menghabiskan paket khusus untuk telepon yang disediakan operator.

Menikmati VoLTE

Sesuai penjelasan di atas, VoLTE sebenarnya adalah fitur “native” yang dihadirkan sebagai pengganti komunikasi suara tradisional, yang bisa mengatasi salah satu kekurangan dari 4G LTE, yaitu tidak mendukung komunikasi suara. Karena statusnya sebagai fitur “native”, beberapa hal tentu saja harus dipenuhi agar VoLTE ini bisa dinikmati. Lalu, bagaimana cara agar VoLTE ini bisa dinikmati? Ada beberapa syarat yang tentunya harus dipenuhi:

  • Pertama, tentu saja operator harus menawarkan jaringan 4G LTE dengan infrastruktur yang sudah mendukung VoLTE. Terkait hal ini, sudah dijelaskan bahwa di Indonesia VoLTE baru didukung oleh Smartfren saja. Jadi, untuk menikmati VoLTE, kita harus menggunakan operator seluler tersebut. Operator seluler lain di Indonesia memang sudah disebut mulai mencoba mengimplementasikan VoLTE, tetapi masih belum mengkomersialkan VoLTE setidaknya hingga saat artikel ini ditulis.
  • Kedua, kembali lagi smartphone, modem di dalamnya harus mendukung 4G LTE dan juga VoLTE. Tanpa dukungan 4G LTE dan VoLTE dari modem, sebuah smartphone tidak akan bisa merasakan VoLTE sama sekali. Untungnya, untuk smartphone dengan SoC Snapdragon yang telah mendukung 4G LTE, modem Snapdragon di dalam SoC-SoC besutan Qualcomm itu sudah memiliki dukungan VoLTE.
  • Ketiga, sistem operasi di smartphone pun sudah harus mengaktifkan dukungan untuk VoLTE. Dukungan ini bisa saja tidak hadir sejak awal, tetapi bisa sangat mudah ditambahkan melalui update bila modem di dalamnya sudah memiliki dukungan untuk VoLTE.

Untuk pengguna Smartfren yang menggunakan Andromax 4G, semua smartphone dari lini tersebut sudah dibekali dengan fitur VoLTE ini. Hal itu dimungkinkan karena Andromax 4G menggunakan SoC Snapdragon dari Qualcomm, yang mengusung modem 4G LTE yang mendukung VoLTE. Sementara untuk smartphone lain yang menggunakan SoC Snapdragon, banyak yang sudah dibekali produsen dengan fitur VoLTE untuk jaringan Smartfren.

VoLTE Antar Operator

Memang, saat ini, VoLTE baru didukung oleh satu operator di Indonesia. Namun, ke depan, seharusnya semua operator seluler di Indonesia akan mendukung fitur modern yang satu ini. Tentunya, bila hal itu terjadi, akan dibutuhkan regulasi yang mengatur komunikasi VoLTE antar operator, dan itu akan memungkinkan komunikasi suara yang lebih baik, dengan suara yang lebih jernih, yang juga bisa dikombinasikan dengan komunikasi video juga.

Hingga saat itu, pengguna Smartfren, termasuk juga pengguna smartphone besutan mereka, lini Andromax, bisa menikmati fitur modern itu terlebih dahulu. Sementara pemilik smartphone resmi yang menggunakan SoC atau modem Qualcomm tentunya akan siap menikmati VoLTE. Siap untuk VoLTE, berarti siap untuk coba merasakan komunikasi lebih canggih yang merupakan bagian dari 4G LTE ini.

Bagaimana untuk Saat Ini: VoLTE ke Non-VoLTE?

Saat ini, Smartfren menjadi satu-satunya operator seluler di Indonesia yang menawarkan VoLTE, dan hal ini berarti bila pengguna Smartfren menelpon ke pengguna operator lain, mereka harus menelpon ke Non-VoLTE. Apakah hal ini bisa dilakukan? Tentu saja bisa! VoLTE didesain untuk memiliki backward compatibility yang memungkinkan panggilan suara terhubung ke standar sebelumnya, melalui 2G atau 3G. Namun, tentu saja beberapa kelebihan VoLTE, seperti HD Voice dan video tidak bisa dinikmati.

VoWIFI: Perluasan Voice Call yang Tidak Kalah Menarik

Ada VoLTE, ada pula yang disebut sebagai VoWiFi. Sesuai dengan namanya, fitur ini memungkinkan panggilan suara dialihkan melalui jalur WiFi, terlepas dari apakah WiFi itu disediakan oleh operator seluler atau bukan. Jadi, selama smartphone terhubung ke WiFi, panggilan suara bisa dialihkan melalui jalur WiFi tersebut.

WiFi Calling yang Lebih Baik: Rapatkan Jarak 4G LTE dengan WiFi

Sebelumnya, sudah ada fitur yang disebut sebagai WiFi Calling, yang terlihat menawarkan keunggulan serupa dengan VoWiFi ini. Namun, di WiFi Calling, tidak ada kesinambungan antara jaringan seluler dengan WiFi, dalam artian ketika panggilan suara sudah dilakukan, panggilan tidak bisa dipindahkan dari satu jalur ke jalur lain, pengguna harus terlebih dahulu menutup panggilan, kemudian membuat panggilan baru di jalur yang lain. Sementara untuk VoWiFi, karena didesain untuk “merapatkan jarak” antara 4G LTE dengan WiFi, hal itu bisa didapatkan.

Sekian artikel mengenai Mengenal Fitur Panggilan Suara Modern: VoLTE dan VoWiFi dari saya, semoga memberikan banyak manfaat. Sampai jumpa di pembahasan berikutnya. 🙂