Pengertian dan Fungsi RAM Pada Komputer

428

Yodha.web.id – Kali ini saya akan menjelaskan Pengertian dan Fungsi RAM Pada KomputerRandom Access Memory atau biasa di kenal RAM, merupakan tempat menyimpan data sementara ketika komputer sedang di jalankan dan dapat diakses secara acak atau random

RAM Berfungsi membantu kinerja komputer untuk menyimpan data sementara. Semakin besar RAM yang dimiliki maka akan semakin cepat pula komputer tersebut. RAM bisa mempercepat kinerja dari komputer, sebab RAM menyediakan ruang penyimpanan sementara untuk komputer. Dalam menyimpan data-data yang mudah untuk diambil sehingga juga dapat mempercepat loading data serta program yang sedang diakses.

Contohnya seperti berikut

Kamu sedang membuka Microsoft Word/Excel kemudian kamu sedang mengetikan kata disana , ketika file tersebut belum kamu simpan di hardisk, maka disanalah fungsi dari peranan RAM.
Jadi jika kamu belum menyimpan suatu kerjaan anda ke hardisk secara manual atau otomatis maka peranan ram lah yang membuat data kamu hilang ketika komputer di matikan, jangan salahkan RAM, karna fungsi utama dari  ram hanya menyimpan data secara sementara tidak di patenkan seperti hardisk, jadi semua aktifitas yang kamu lakukan di komputer atau laptop tidak jauh dengan bantuan dari fungsi ram tersebut.

Jenis tipe RAM 

Sesuaikan dengan Motherboard yang akan digunakan SDRAM, DDR, DDR2, dan yang terakhir DDR3.Biasanya bisa dilihat pada papan Motherboard, karena memory RAM yang tidak cocok tidak akan masuk pada slot memory pada motherboard.

Capacity

Ditentukan oleh satuan Mb bahkan sekarang sudah Gb. Semakin besar kapasitas RAM semakin cepat kerja komputer. Kapasitas memory RAM biasanya 128 Mb, 256 Mb, 512 Mb, 1 Gb, 2Gb, bahkan sekarang ada yg 4Gb.

Bagian Bagian RAM

  1. Printed Circuit Board (PCB). Umumnya RAM memiliki PCB dengan 6-layers.
  2. SMT. SMT adalah komponen elektronik penunjang seperti resistor, kapasitor, dsb.
  3. Notch. Merupakan lubang pengunci agar RAM Cuma bisa masuk ke slot yg sesuai.
  4. Pin. Kaki-kaki RAM yg berhubungan (contact) dengan slot Motherboard.
  5. ICs (Integrated Circuit). Komponen elektronik Memory.
  6. Serial Presence Detect (SPD). Sebuah IC kecil penyimpan data konfigurasi dari RAM.
  7. Circuit. Jalur-jalur listrik / data yg menghubungkan item komponen pada RAM.

Jenis-Jenis RAM

RAM (Dynamic RAM) adalah jenis RAM yang secara berkala harus disegarkan oleh CPU agar data yang terkandung didalamnya tidak hilang.
SDRAM (Sychronous Dynamic RAM) adalah jenis RAM yang merupakan kelanjutan dari DRAM namun telah disinkronisasi oleh clock sistem dan memiliki kecepatan lebih tinggi daripada DRAM. Cocok untuk sistem dengan bus yang memiliki kecepatan sampai 100 MHz.
RDRAM (Rambus Dynamic RAM) adalah jenis memory yang lebih cepat dan lebih mahal dari pada SDRAM. Memory ini bisa digunakan pada sistem yang menggunakan Pentium 4.
SRAM (Static RAM) adalah jenis memori yang tidak memerlukan penyegaran oleh CPU agar data yang terdapat di dalamnya tetap tersimpan dengan baik. RAM jenis ini memiliki kecepatan lebih tinggi daripada DRAM, SDRAM.
EDO RAM (Extended Data Out RAM) adalah jenis memori yang digunakan pada sistem yang menggunakan Pentium. Cocok untuk yang memiliki bus denagan kecepatan sampai 66 MHz.
Sekian artikel Pengertian dan Fungsi RAM Pada Komputer dari kami, semoga memberikan banyak manfaat.