Penyebab Baterai Laptop Cepat Habis

92

Yodha.web.id – Pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai Penyebab Baterai Laptop Cepat Habis. Baterai bisa di ibaratkan sebagai sebuah bahan bakar teknologi yang menjaga suatu device agar dapat tetap menyala meskipun tidak ada listrik disekitarnya. Semua peralatan elektronik menggunakan baterai tanpa kecuali laptop.

Laptop merupakan perangkat yang sangat penting di era globalisasi seperti saat ini, karena dapat digunakan sebagai media presentasi bila bertemu klien ataupun membantu pembukuan perusahaan dan dapat pula digunakan untuk kegiatan hiburan seperti menonton film, mencari berita di internet, sosial media dan lain sebagainya.

Fungsinya yang banyak membuat banyak orang menggunakan laptop dalam kehidupan sehari-harinya. Sayangnya ada beberapa kendala yang dihadapi pemilik laptop dari perangkat teknologi ini yakni lemahnya baterai. Kerap kita temui baterai laptop yang umumnya bisa digunakan hingga 5 jam tanpa disambungkan ke listrik nyatanya harus mengisi ulang sebelum memenuhi kuota 5 jam.

Laptop sedang di-charge

Hal ini dikarenakan lemahnya baterai laptop itu sendiri sehingga sering pemilik menggunakan laptop sambil melakukan isi ulang.

Hal ini terjadi tentu saja bukan karena merk laptop ataupun mahal murahnya laptop tersebut namun ada beberapa hal teknis yang menyebabkan daya tahan baterai laptop tidak bisa maksimal.

Berikut penjelasan penyebab baterai laptop cepat habis diantaranya adalah :

1. Adanya perangkat lunak maupun hardware yang bermasalah sehingga laptop tiba-tiba mati tanpa adanya perintah shutdown.

2. Bila baterai telah mencapai 10 persen pengguna laptop tak lekas melakukan pengisian, sehingga baterai pun mudah habis dan laptop mati.

Peringatan dini sisa baterai

3. Banyaknya software yang diinstal tidak sebanding dengan kapasitas laptop sehingga kinerja laptop tidak bisa efisien alias boros power.

4. Terjadinya kerusakan fisik pada baterai berupa lecet atau benturan yang membuat kerusakan di dalam komponen baterai dan daya tahannya menjadi lemah.

5. Kualitas baterai yang digunakan bukanlah baterai yang original namun yang kw sehingga baterai mudah sekali soak.

Contoh baterai laptop

6. Umur baterai yang sudah tua juga menyumbang penyebab baterai menjadi lemah karena pada dasarnya baterai laptop memiliki batas maksimum penggunaan.

7. Anda menggunakan laptop secara terus menerus tanpa menggunakan kipas yang berfungsi mendinginkan laptop yang sedang panas. Karena laptop sendiri mudah sekali mengalami over heating sehingga anda perlu menjaga laptop dalam suhu yang normal dengan memaksimalkan kipas laptop atau cooling fan.

Cooling pan laptop

8. Mematikan komputer anda dengan tidak mengikuti prosedur yang benar yakni langsung menekan tombol powernya atau mematikannya langsung.

9. Anda menggunakan laptop sembari melakukan isi ulang juga dapat membuat baterai menjadi lemah. Saat anda menggunakannya sambil mengisi ulang terkadang anda lupa untuk memutus aliran listriknya ketika baterai telah penuh yang tentunya merusak baterai laptop itu sendiri.

Sebaiknya kamu membeli laptop yang memiliki kelebihan system daya pemutus listrik otomatis sehingga terhindar dari lemahnya daya baterai.

Beberapa penyebab diatas mungkin salah satunya telah anda alami namun tidak dihiraukan padahal disisi lain hal tersebut dapat merugikan atau merusak laptop anda dikemudian hari.

Selain mengetahui penyebab lemahnya baterai tentunya anda  juga perlu mengetahui tips-tips agar baterai anda tetap tahan lama dan awet digunakan.

Laptop tanpa baterai memang masih bisa digunakan teapi alangkah baiknya bila anda juga dapat menggunakan laptop anda di luar rumah tanpa harus melakukan isi ulang bila baterai anda masih dalam kondisi baik.

Jagalah barang–barang elektronik anda sejak dini sebab biaya service dan penggantian hardware seperti baterai banyak memakan biaya bahkan biayanya bisa lebih besar dari harga laptop anda sendiri.

Sekian artikel mengenai Penyebab Baterai Laptop Cepat Habis dari Yodha.web.id, semoga memberikan banyak manfaat dan mudah anda pahami. Sampai jumpa di artikel berikutnya. 🙂