Perangkat Keras Komputer Kasir POS (Point Of Sales)

53

Yodha.web.id – Kali ini kita akan membahas mengenai Perangkat Keras Komputer Kasir yaitu POS (Point Of Sales)Komputer kasir atau disebut juga dengan POS (Point Of Sales) merupakan sebuah sistim yang di buat untuk menangani masalah penjualan.

Komputer kasir biasanya banyak di gunakan pada industri retail seperti mini market, supermarket, alfamart dan berbagai perusahaan reteil lainnya untuk menangani baik itu penjualan retail, wholesale, sampai dengan masalah inventori.

Nah, kali ini kita akan mengulas perangkat keras yang digunakan komputer kasir tersebut. Adapun perangkat keras yang sering di jumpai pada komputer kasir dapat di jelaskan seperti berikut ini.

1. CPU (Central Processing Unit)

Setiap komputer pasti selalu menggunakan cpu. Seperti yang kita ketahui cpu merupakan otak atau inti dari sebuah komputer. 

Pada komuter kasIr ada beragam bentuk cpu yang biasanya di gunakan sesuai dengan kebutuhan dan keinginan pemiliknya, ada yang bentuknya sama dengan komputer pc umum, dan ada juga yang bentuknya kecil dan terintegrasi antara cpu dan monitor serta menggunakan teknologi layar sentuh.

2. Monitor

Monitor sendiri digunakan untuk menampilkan hasil pengolahan komputer agar antara pengguna dengan komputer dapat berinteraksi dengan mudah.

Nah, bisa anda bayangkan kan bagaimana jadinya kalau monitor atau tampilan kompuTer tidak bisa dilihat? Yang pasti anda pasti tak akan bisa berbuat banyak selain hanya menari nari di depan komputer tersebut.

3. Barcode scanner

Barcode scanner berfungsi untuk membaca barcode dari setiap item, dengan adanya barcode scanner maka kasir tidak perlu lagi memasukkan plu secara manual, cupup dengan scan barcode maka informasi item pun akan segera di tampilkan seperi plu, nama barang, harga dan sebagainya.

4. Printer

Printer berfungsi untuk mencetak setiap transaksi yang terjadi dan selanjutnya akan di berikan kepada pelanggan sebagai bukti pembelian.

5. Drawer

Drawer atau laci komputer merupakan perangkat keras yang di gunakan untuk menyimpan uang baik itu uang kertas ataupun uang koin.

Dalam sistim komputer kasir, drawer akan terbuka secara otomatis pada saat transaksi telah di selesaikan, dengan demikian kasir akan mudah untuk memasukkan uang ataupun mengambil uang dari dalam laci tersebut.

6. Customer Display (CDS)

Customer display digunakan untuk menampilkan informasi barang yang di beli oleh pelanggan. Saat barang di scan dengan barcode scanner maka CDS akan memunculkan informasi barang tersebut agar bisa di lihat oleh pelanggan.

7. Card Reader

Card reader di gunakan untuk membaca atm card pembeli jika mereka membayar dengan type card seperti kartu atm dan kartu kredit. Cara menggunakannya cukup mudah, anda tinggal menggesekkan kartu tersebut dan nomor kartupun akan segera di tampilkan.

8. Merchant ATM Card

Mesin yang satu ini pasti anda sudah tahu kan? Mesin atau merchatnt atm digunakan untuk membaca kartu atm atau kartu kredit pengguna yang membayar dengan tipe card.

9. Paper Receipt

Paper receipt atau kertas transakasi adalah media yang digunakan untuk menampilkan hasil cetak yang di keluarkan oleh printer.

10. Perangkat jaringan

Pada komputer kasir menggunkan perangkat jaringan sangatlah penting guna menghubungkan komputer kasir dengan komputer server untuk melakukan komunikasi. Jaringan sendiri menjadi hal yang wajib di gunakan khussunya jika komputer menggunakan sistim client server.

Dengan bantuan jaringan, maka jika sewaktu waktu terjadi update data dari komputer server baik itu perubahan pada harga barang, penambahan barang akan dengan mudah di kirimkan ke komputer kasir.

Sekian artikel mengenai Perangkat Keras Komputer Kasir POS (Point Of Sales) dari Yodha.web.id, semoga memberikan banyak manfaat. Sampai jumpa di artikel berikutnya. 🙂