Ternyata Madagaskar Ditemukan Oleh 30 Perempuan Asal Indonesia, 1.200 Tahun Silam

Ternyata Madagaskar Ditemukan Oleh 30 Perempuan Asal Indonesia, 1.200 Tahun Silam – Kali ini Yodha akan bagikan info Ternyata Madagaskar Ditemukan Oleh 30 Perempuan Asal Indonesia, 1.200 Tahun Silam. ‘Nenek moyang ku orang pelaut’, merupakan sebuah syair lagu yang menunjukkan kebanggaan bangsa Indonesia akan keberanian nenek moyangnya menjelajah di samudra.

Madagaskar Ditemukan Oleh 30 Perempuan Asal Indonesia, 1.200 Tahun Silam

Madagaskar Ditemukan Oleh 30 Perempuan Asal Indonesia, 1.200 Tahun Silam

Kebiasaan menjelajah ini juga yang memungkinkan sebuah hipotesa muncul bahwa penemu Madagaskar, adalah wanita yang berasal dari Indonesia.

Para peneliti, sebagaimana dilansir situs MSNBC.MNC, memperkirakan kejadian tersebut setidaknya terjadi 1.200 tahun yang lalu.

Seorang ahli biologi molekuler Murray Cox dari Massey University, Selandia Baru, meneliti DNA penduduk asli untuk mencari petunjuk asal-usul nenek moyang penemu pulau yang berisi berbagai binatang unik tersebut.

DNA yang diambil dari 266 orang dengan 3 etnis berbeda yang mukim di Madagaskar ini, dicari kromosom turunan garis ibunya.

Hasilnya, pada salah satu etnis yang yang diambil kromosomnya, setengahnya memiliki karakteristik gen yang dimiliki penduduk Polinesia, dan sedikit Indonesia bagian barat.

Ini menandakan bahwa jika hasil tersebut benar, maka kurang lebih 30 perempuan Indonesia menjadi cikal bakal dari penduduk Malagasi.

Walaupun memang prosentase wanita Indonesia yang menjadi cikal bakal penduduk Malagasi itu lebih sedikit dibanding dengan etnis dari Afrika.

Simulasi menunjukkan bahwa kemungkinan rute yang menyebabkan para wanita ini bisa sampai ke Madagaskar, pulau yang jaraknya 5.000 kilometer lebih dari Indonesia ini, adalah melalui jalur perdagangan yang dirintis oleh Kerajaan Sriwijaya.

Bukti lain yang menunjukkan bahwa penduduk Madagaskar memiliki garis keturunan dari Indonesia adalah, dialek dalam bahasa, beberapa jenis huruf yang mirip dengan bahasa melayu, Jawa, atau pun sansekerta.

Peralatan sehari-hari yang digunakan pun sedikit banyak punya kemiripan dengan yang dipakai oleh masyarakat kuno Indonesia. Begitu juga bentuk perahu cadik, alat musik seperti gambang, serta beberapa jenis masakan.

Ternyata memang benar syair lagu yang menyatakan bahwa nenek moyang orang Indonesia adalah orang pelaut.

Sekian Info Madagaskar Ditemukan Oleh 30 Perempuan Asal Indonesia, 1.200 Tahun Silam.

keyword : jenis lagu madagascar, Chart lagu spanyol, sountrek madagaskar3, sountrack lagu madagaskar, poto poto romantis pelaut, padamadagaskar, lagu sontrek madagascar, lagu di madagaskar4, lagu barat romantis tentang pelaut, kumpulan foto-foto logo pelaut.

Leave a Reply