Tips Ketika Akan Membeli Komputer

254

Yodha.web.id – Tips ketika akan membeli komputer – Memilih perangkat komputasi personal bisa dibilang gampang-gampang susah. Selain faktor harga yang menentukan, tentunya spesifikasi piranti menjadi tolak ukur utama. Memang, bisa dibilang harga tidak bohong, untuk mendapatkan hardware canggih tentunya harga yang ditawarkan tidak murah.

Lalu, bagaimana menemukan beberapa PC yang disukai penampilannya namun bingung untuk memutuskan yang tepat guna? Beberapa informasi yang kami uraikan ini merupakan komponen yang wajib diperhatikan untuk pengguna yang ingin memilih PC yang sesuai dan tepat guna.

Prosesor

Unit piranti ini adalah otak dari semua mesin yang ada dalam sebuah perangkat komputasi. Bahkan, banyak yang mengatakan ini adalah jantung PC, yang menentukan seberapa cepat segala sesuatunya diselesaikan. Prosesor harus bisa melakukan banyak tugas yang membantu memberikan pengalaman keseluruhan yang lebih baik. Jadi, untuk mendapatkan sebuah perangkat komputasi terutama pada produk kategori PC, pilihlah prosesor yang disesuaikan dengan jenis pekerjaan Anda.
Berpikirlah logis, otak yang bekerja dengan baik pastilah yang memiliki spesifikasi tinggi. Seperti halnya Intel yang telah memiliki beragam kategori produk di setiap lini.
– Intel® Core™ i3 Generasi ke-7 :
Cocok untuk sekadar menggunakan email dan menjelajahi web, hiburan, dan game.
– Intel® Core™ i5 Generasi ke-7:
Jadilah produktif dan nikmati hiburan serta game mainstream.
– Intel® Core™ i7 Generasi ke-7 :
Selesaikan tugas kelas terberat seperti game 3D, desain, dan mengedit video dengan lancar.
– Intel® Core™ i7 Generasi ke-7 Extreme Edition :
Sesuaikan kinerja Anda untuk game dan aplikasi yang paling menuntut.

Random Acces Memory (RAM)

Random Acces Memory adalah bagian dari hardware komputer yang digunakan dan berfungsi untuk menyimpan data komputer yang bersifat sementara, dan hanya bekerja pada saat komputer hidup. Semakin besar kapasitas memori RAM yang dimiliki, maka tentu semakin banyak tugas yang bisa dicakup dan dikerjakannya.
Kapasitas 2GB
Ini adalah ukuran minimum yang Anda butuhkan untuk menjalankan sistem operasi dan program-program dasar.
Kapasitas 4GB
RAM sebesar ini cukup untuk multitasking antar aplikasi dengan mudah dan menjalankan game populer yang umum.
Kapasitas 8GB dan diatasnya
Ini akan memungkinkan Anda menjalankan aplikasi pengeditan video atau game 3D ekstrem dengan lancar.

HardDisk

Seperti halnya dalam sebuah gudang, Harddisk adalah media penyimpanan yang digunakan untuk menyimpan sebuah berkas file seperti dokumen kantor, file musik, foto, video dan tempat berjalannya sistem aplikasi yang diintegrasi dengan OS yang ada dalam PC.
Besarnya kapasitas menentukan seberapa banyak file yang bisa disimpan. Semisalnya kapasitas 500GB akan sangat baik untuk menyimpan file kerja, foto, dengan cukup ruang untuk beberapa game. Sedangkan untuk kapasitas 1TB (terabyte) cocok bagi pengguna kolektor film, bermain banyak game atau sekedar editing video.

Kartu Grafis

Sistem visual akan berjalan baik jika diintegrasikan dengan chip grafis yang baik pula. Dalam piranti ini, ada dua jenis kartu yang digolongkan.

Kartu terintegrasi
Dikemas bersama prosesor atau motherboard, kartu ini menggunakan RAM sistem untuk pemrosesan grafis. Bertenaga lebih kecil tetapi lebih murah dan memakan lebih sedikit daya baterai, merupakan pilihan yang bagus untuk Ultrabook™ atau notebook.

Kartu grafis terpisah
Jika Anda pemain game serius atau desainer grafis profesional, pilihlah kartu ini. Kartu grafis entri-level yang bagus sebaiknya memiliki RAM sekurangnya 1GB tetapi semakin besar semakin baik. Jika Anda bermaksud untuk  menonton film dalam HD, pastikan untuk membeli yang dilengkapi port output HDMI.

Sistem operasi (OS)

Adalah perangkat lunak yang bekerja sebagai penghubung antara perangkat keras dengan aplikasi maupun program yang ada didalamnya. Dalam bahasa komputer sendiri, OS adalah perangkat lunak komputer atau software yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen sistem. Ada beberapa OS yang beredar saat ini, sistem Linux, Windows dan Mac yang dikembangkan oleh Apple.

Peripheral/ Perangkat tambahan

Akan sangat memusingkan jika perangkat tambahan ini tidak disertakan, seperti halnya proses input tanpa perangkat output tidak akan jadi. Dalam lini ini ada banyak kategori, namun disini hanya akan tiga inti produk yang sepertinya wajib untuk dimiliki jika pengguna berniat untuk membangun sebuah PC.
Monitor
Pilihlah sebuah monitor dengan resolusi yang sudah mendukung keluaran gambar dengan tingkat grafis yang besar, seperti halnya HD (720p), Full HD (1080p) maupun tingkat resolusi tertinggi Quad HD (4K).

Printer
Jika mengetik dokumen dan dijadikan digital, memang alat ini tidak dibutuhkan. Namun, sebagian besar pengguna membutuhkan sebuah dokumen otentik/ hardcopy untuk mendapatkan sebuah file dalam beragam kegiatan yang diperlukan untuk dibubuhi tanda tangan langsung.
Disk Room
Dapatkan pemutar Blu-ray jika Anda ingin mengoleksi banyak disk Blu-ray. Jika tidak, drive DVD sudah memenuhi sebagian besar kebutuhan.

Sekian artikel Tips Ketika Akan Membeli Komputer dari kami, semoga memberikan banyak manfaat.