Tips Merawat Laptop Supaya Tetap Awet

45

Yodha.web.id – Kali ini saya akan membahas Tips Merawat Laptop Supaya Tetap Awet. Memiliki laptop atau notebook merupakan hal yang sangat menyenangkan. Notebook bisa kita bawa kemana saja tidak seperti komputer. Notebook juga sudah menjadi barang yang sangat familiar bagi semua kalangan terutama pelajar maupun para pekerja.

Saya sendiri mulai menggunakan notebook atau laptop sejak SMA kelas 2. Awalnya saya hanya menggunakan komputer pentium 3. Tapi, begitu saya masuk SMA ayah saya langsung meminjamkan notebooknya untuk saya.

Berawal dari tidak tau apa-apa tentang bagaimana merawat laptop, hanya denger denger dan baca baca di internet. Alhamdulillah laptop saya masih awet lebih dari 5 tahun berjalan. Harapan saya sih bisa sampai 20 tahun. :v

Kalau ditanya ada kerusakan nggak.?? pasti ada bahkan itu karena kelalaian saya, tapi ada juga karna faktor penuwaan pada notebook. Seperti baterai, baterai tidak akan selamanya awet dan akan ada waktunya harus di ganti dengan yang baru atau kalau jaman sekarang di refill.

Mari akan saya bagikan tips dan trik ringan untuk kamu semua.

Gunakan tas yang memiliki tempat untuk notebook

Jika kalian sering menggunakan tas yang tidak memiliki tempat khusus notebook sebaiknya segera hindari dari sekarang. Gunakan tas yang terdapat busa yang cukup untuk menahan benturan maupun guncangan dari luar.

Banyak sekali yang kejadian yang tidak mengenakkan, mulai dari terkena benturan yang cukup kuat. Kemungkinan kerusakan yang terjadi adalah kabel yang terhubung dari motherboard ke layar menjadi tidak terhubung dan tidak menampilkan apa-apa.

Saran saya gunakan tas yang ada fasilitas untuk tempat menaruh notebook. Kalau terpaksa menggunakan tas biasa, saran saya saat meletakkan tas maupun duduk kursi tetap ingat bahwa kamu membawa notebook (hati-hati). 🙂

Berikan keyboard protektor untuk notebook kamu

Keyboard protektor bagi saya bagaikan armor yang harus ada di notebook. Kenapa disebut armor hampir sebagian aktifitas saya berada di luar apalagi jika mendapat job di luar dan mendapatkan keadaan gerimis atau hujan.

Keyboard protektor di letakkan dibagian atas keyboard. Keyboard protektor akan sangat menolong bagian dalam komponen notebook saat tertumpah air. Bahkan saat kita mengunakan notebook di luar ruangan terhindar dari terkena percikan hujan maupun debu.

Biasanya keyboard protektor sudah dikasih gratis secara cuma-cuma dari toko anda beli. Saya tidak tau apakah biar akrab dengan pelanggan dan dateng lagi kalau mau beli laptop baru. 😀 Tapi kalau nggak kebagian keyboard protektor bisa beli, ada yang 10rb sampai 15rb. Tetapi sekarang kualitas keyboard protektor menurut saya jelek, tipis bahkan mudah sobek. Tidak seperti punya saya yang saya beli sekitar tahun 2011 dimana semua keyboard protektor sangat tebal.

Pasang dustproof plug

Buat yang suka petualangan dan sering memakai laptop di luar seperti saya. Dustproof plug sangat menjaga lubang usb, hdmi, dan lubang lainnya dari karat dan kotoran. Kalau bagi saya ini adalah kolornya. 😀

Disamping menjaga lubang-lubang, juga bisa membuat notebook-mu menjadi terlihat gaya. Ayo beli sekarang juga supaya kelihatan lebih menarik. 🙂 Harga di pasaran biasanya sekitar 15rb.

Bersihkan notebook dari debu

Nah, ini nih yang menandakan kamu males atau tidak. Biasanya orang yang malas notebooknya pada kumel-kumel atau kotor bin ajaib. Setidaknya bersihkan notebookmu menggunakan kuas untuk menghilangkan debu. Untuk menghilangkan noda kamu bisa menggunakan kapas yang sudah di bersihi dengan cairan pembersih kaca.

Sedangkan untuk layar sebaiknya gunakan kapas yang diberi cairan pembersih sedikit. Dengan begitu kamu akan merasa nyaman dalam mengerjakan tugas sekolah dan pekerjaan lainnya.

Bawalah notebookmu untuk istirahat sejenak

Setiap benda elektronik pasti butuh istirahat sama seperti manusia. Notebook bukan untuk kerja rodi, Notebook akan awet jika dibawa istirahat. Sudah banyak banget yang kejadian akibat dari penggunaan notebook berlebihan hingga harus mengganti beberapa komponen seperti kipas sampai motherboard.

Saya pernah melihat sebuah notebook Toshiba di koskosan yang berjalan 24 jam non stop tanpa di matikan. :v Bahkan kata empuhnya sudah dijalankan hingga sebulan. :v Buset. :v Kebetulan yang punya itu mahasiswa jadi dimatikan pun kalau udah dibawa ke kampus. Sebaiknya jangan lakukan hal seperti itu. Karna udah keterlaluan banget. Kalau kamu diperlakukan sama seperti notebooknya bagaimana kesehatanmu.?? 😀

Saya biasanya mengistirahatkan notebook jika telah melebihi lima jam. Setidaknya sudah terasa adem baru main lagi. Jadi notebookmu bisa sedikit bernapas.

Beri kipas kalau bermain game dan aplikasi berat

Sebernarnya tidak usah saya kasih tau pasti sudah banyak yang bermain game dengan kipas. Karna ada beberapa notebook yang tidak begitu sempurna untuk mengeluarkan panas yang terkurung didalam laptop. Bahkan laptop yang saya A43E yang katanya ada icecools yang terbuat dari almunium tetap panas. Paling adem kayak es kalau terkena suhu yang dingin atau di ruangan AC.

Di tahun 2015 sudah canggih-canggih model kipasnya, bahkan ada yang langsung bisa ditaruh deket pembuangan suhu panas notebook. Dipasaran sendiri ada berbagai macam produk kipas untuk notebook dari yang murah sampai yang mahal.

Tetapi terserah kamu ini hanya saran dari saya saja. Karena ada juga laptop yang pembuangan suhu panasnya sempurna seperti Dell Inspiron. Teman saya sendiri menggunakan notebook tersebut untuk bermain PES selama 2 jam tetap dingin dan tidak terasa panas ditelapak tangan.

Jangan matikan notebook dengan tombol power

Jangan sekali kali kamu matikan notebook dengan tombol power karena akan berakibat fatal pada harddisk. Harddisk sangat rentang mengalami bad sector, jika dimatikan secara mendadak. Saya sendiri pernah merasakan terkena bad sector dan akhirnya harus mengganti harddisk.

Jika uang kamu tidak cukup membeli yang baru, kamu juga bisa membeli yang second. Saya juga membeli yang second karena faktor uang. 🙂 Sampai sekarang harddisknya masih bisa jalan dengan baik tanpa terdengar suara “tik tik” berkali-kali.


Nah, itu beberapa tips tentang bagaimana merawat notebook agar tetap awet hingga sekarang. Biasanya notebook akan awet jika digunakan untuk hal-hal yang wajar-wajar saja.

Mungkin ada yang mau menambahkan bisa di komentar, ya. . . . 🙂 Janga lupa tekan tombol jempol keatas (like) yang ada dibawah judul, supaya kami tetap semangat untuk membuat tips dan trik berikutnya. Share tips ini keteman-teman kalian supaya laptop atau notebook tetap awet mudah. 😉 Sekian dari saya terima kasih. 🙂