Tutorial Belajar Pascal Part 32: Jenis-jenis Operator String dalam Pascal

121

Yodha.web.id – Dalam tutorial sebelumnya, kita telah membahas tentang operator aritmatika di Pascal. Kali ini saya akan lanjut dengan Jenis-jenis Operator String dalam Pascal.


Jenis-jenis Operator String dalam Pascal

Di dalam bahasa pemrograman pascal, hanya dikenal 1 operator string, yakni tanda tambah (+) yang digunakan untuk penyambungan string (concatenate).

Operator Penjelasan Contoh
+ Pengambungan (concatenate ) “belajar pascal” + “di yodha.web.id”

Langsung saja kita lihat contoh penggunaannya:

1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
program operator_string;
uses crt;
var
  a,b,c,d,e:string;
begin
  clrscr;
  a:='Belajar';
  b:='Pascal';
  c:='di yodha.web.id';
  d:=a+b+c;
  writeln(d);
  e:=a+' '+b+' '+c;
  writeln(e);
  readln;
end.

Dalam contoh diatas, saya membuat 3 buah variabel string: a, b, dan c. Ketiganya digabung menjadi 1 string panjang ke dalam variabel d dan e.

Khusus pada variabel e, saya menambahkan tanda spasi diantara ketiga string ini. Cara seperti ini sangat umum dilakukan agar tampilan kalimat menjadi lebih rapi.


Menyambung Variabel dengan String dalam Writeln

Walaupun ini tidak berkaitan dengan operator string, tapi saya ingin menyinggung cara menyambung variabel dengan string di dalam perintah writeln. Agar lebih mudah di mengerti, berikut contoh kode program dari apa yang saya maksud:

1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
program operator_string;
uses crt;
var
  ipk:real;
  sumber:string;
begin
  clrscr;
  ipk:=3.8;
  sumber:='yodha.web.id';
  writeln('Saya dapat ipk ',ipk:2:2,', karena belajar di ',sumber);
  readln;
end.

Perhatikan cara penulisan pertintah writeln diatas, saya ‘mencampurkan’ string dengan variabel. Tanda koma ( , ) digunakan untuk memisahkan mana yang berupa string, dan mana yang variabel. Teknik ini sebenarnya sudah kita bahas dalam Tutorial Belajar Pascal: cara penggunaan serta perbedaan write dan writeln.


Walaupun singkat (dan hanya satu-satunya), operator penyambungan string pascal yang kita bahas disini sangat sering digunakan. Berikutnya, saya akan masuk ke jenis-jenis operator perbandingan atau operator relasional di dalam Pascal.