Tutorial Belajar Pascal Part 4: Cara Mendownload dan Menginstall Compiler Turbo Pascal 7

45

Yodha.web.id – Dalam tutorial belajar Pascal kali ini kita akan mempelajari cara mendownload dan menginstall aplikasi compiler Turbo Pascal 7 di sistem operasi Windows.

Walaupun saya menyarankan untuk menggunakan compiler Free Pascal yang lebih baru, namun tidak ada salahnya jika anda memilih menggunakan Turbo Pascal. Terlebih lagi, compiler Turbo Pascal 7 memiliki aspek sejarah dan pernah menjadi aplikasi yang sangat populer pada zamannya.

Jika anda memilih untuk menggunakan Free Pascal, silahkan lewatkan tutorial kali ini dan lanjut dengan tutorial berikutnya.


Mengenal Turbo Pascal 7

Pada era ‘keemasan’ bahasa pemrograman Pascal di tahun 1980-an, Borland Turbo Pascal merupakan aplikasi compiler pascal paling populer saat itu.

 Jika anda mencari informasi mengenai Turbo Pascal, versi yang paling sering digunakan saat ini adalah Turbo Pascal 7. Turbo Pascal 7 merupakan compiler Pascal terakhir yang dirilis oleh Borland pada sistem operasi MS-DOS. Setelah itu Borland beralih mengembangkan Delphi untuk sistem operasi Windows. Walaupun Delphi juga merupakan compiler Pascal, tetapi tidak terlalu cocok digunakan untuk belajar programming.

Tampilan Kotak Aplikasi Turbo Pascal 7

Sepanjang perjalannya, Borland merilis 10 versi Turbo Pascal, terdiri dari 8 versi untuk sistem operasi DOS, dan 2 untuk sistem operasi Windows 3.0. Berikut adalah daftar mengenai versi dan tanggal perilisan Borland Turbo Pascal:

  • Turbo Pascal 1 – November 20, 1983 – versi pertama, 64kb limit, CP/M-80, CP/M-86, DOS
  • Turbo Pascal 2 – April 17, 1984 – 8087 support via optional compiler
  • Turbo Pascal 3 – September 17, 1986 – overlays, 8087 compiler, BCD compiler
  • Turbo Pascal 4 – November 20, 1987 – separately compiled units
  • Turbo Pascal 5 – August 24, 1988 – integrated debugging, dynamic overlays
  • Turbo Pascal 5.5 – May 2, 1989 – mendukung pemrograman object
  • Turbo Pascal 6 – October 23, 1990 – Dirilis juga dengan nama Turbo Vision
  • Turbo Pascal for Windows 1.0 – February 13, 1991 – versi pertama untuk 16-bit Windows 3.0, Object Windows Library, Whitewater Resource Toolkit (WRT)
  • Turbo Pascal for Windows 1.5 – June 8, 1992 – Windows 3.1, Resource Workshop, versi terakhir untuk Windows.
  • Turbo/Borland Pascal 7 – October 27, 1992 – DPMI 16/32 bit, versi terkahir untuk MS DOS

Seperti yang terlihat dari daftar diatas, Borland mengulang penomoran Turbo Pascal dari versi DOS kepada versi Windows. Turbo Pascal 7 dan Turbo Pascal for Windows 1.5 dirilis pada saat yang hampir bersamaan, sehingga keduanya memiliki fitur yang sama. Namun karena angka “7” lebih tinggi dari angka “1.5” banyak yang menganggap Turbo Pascal 7 adalah versi paling terkahir.

Tampilan Kotak Aplikasi Turbo Pascal for Windows

Sebelum kita mulai menginstall Turbo Pascal 7, ada beberapa aspek yang perlu dibahas terkait aplikasi ini.

Walaupun Turbo Pascal 7 dapat anda temukan dengan mudah di internet, namun sebenarnya aplikasi ini adalah aplikasi berbayar (memiliki hak cipta). Borland memang men-gratiskan beberapa versi Turbo Pascal (versi 1.0, 3.02, dan 5.5), namun tidak untuk Turbo Pascal 7.

Jika ingin menggunakan Turbo Pascal 7 secara ‘legal’, kita harus membeli aplikasi ini dari Borland. Masalahnya, saat ini Borland sudah tidak menjual Turbo Pascal 7, sehingga kita ‘terpaksa’ menggunakan aplikasi non-legal.

Tampilan Cover Aplikasi Turbo Pascal 7

Keterbatasan dukungan sistem operasi juga menjadi masalah lainnya. Borland Turbo Pascal 7 dirilis pada tahun 1992 untuk sistem operasi Microsoft DOS. Pada saat itu, komputer masih menggunakan arsitektur 16 bit. Saat ini, kita umumnya menggunakan Sistem Operasi Linux/Windows dengan arsitektur64-bit. Sehingga aplikasi ‘jadul’ seperti Turbo Pascal 7 tidak bisa dijalankan pada Windows vista, 7 atau Windows 8.

Aplikasi Turbo Pascal 7 for Windows 7/8/8.1/9

Saat ini sudah tersedia aplikasi instant yang untuk menjalankan Turbo Pascal. Aplikasi “Turbo Pascal 7 for Windows 7/8/8.1/9” bisa anda download dari alamat berikut: http://sourceforge.net/projects/turbopascal7/.

Pada dasarnya, aplikasi ini menggabungkan proses instalasi DOSBox, Turbo Pascal dan seluruh setingannya dalam 1 kali proses instalasi.

Walaupun praktis, anda akan sedikit kesulitan jika ingin mencari file konfigurasi DOSBox.


Demikianlah tutorial cara menginstall aplikasi Turbo Pascal 7 menggunakan DOSBox. Anda boleh memilih menggunakan Turbo Pascal 7 atau Free Pascal. Dalam tutorial belajar pascal di yodha.web.id ini saya akan menggunakan Free Pascal. Walaupun demikian, tampilan dan cara penggunaan kedua complier pascal ini relatif sama.

Dalam tutorial selanjutnya kita akan membahas cara menjalankan kode program pascal, dan cara membuat file executable (.exe).

Referensi:

http://www.emsps.com/oldtools/borpasv.htm